Cara Membuat Donat Kentang

Donat merupakan salah satu kue atau cemilan yang sangat populer di dunia. Donat ini merupakan kue yang digoreng, dibuat dari adonan tepung terigu, gula, telur, dan mentega.

Donat memang sudah tidak asing lagi bagi kita. Ciri khas cemilan yang satu ini adalah bentuknya yang bulat dan mempunyai lubang di bagian tengahnya seperti cincin, serta mempunyai rasa yang gurih dan manis.

Donat pada umumnya terbuat dengan bahan dasar tepung terigu, tapi saat ini ada juga yang memberikan variasi lain, sesuai dengan kreatifitas si pembuatnya.

Kue yang bisa dihiasi berbagai variasi toping ini sudah menjadi jajanan umum di Indonesia. Mulai dari warung kecil di sudut-sudut kampung sampai mall megah di kawasan perkotaan, selalu saja mudah menemukannya, tentunya dengan berbagai rasa, kualitas, dan harga.

Cara Membuat Donat Kentang #1

Bahan – Bahan :
500 gram tepung terigu protein tinggi
4 butir kuning telur
250 gram kentang
100 gram gula pasir
100 gram mentega
100 ml air dingin
50 gram susu bubuk full cream
11 gram ragi instan
1 liter minyak goreng
1/2 sendok teh garam

Bahan Topping :
50 gram mentega
50 gram meses
50 gram gula halus

Langkah Langkah Dalam Cara Membuat Donat Kentang :
1. Pertama, cuci kentang yang masih segar sampai bersih, kemudian rebus kentang sampai matang dan terasa lunak, lalu kupas kulitnya dan potong kentang menjadi kecil-kecil, tumbuk sampai halus.
2. Setelah itu masukkan tepung terigu yang sudah disiapkan ke dalam wadah, tambahkan gula pasir, susu bubuk, dan ragi instan ke dalamnya, kemudian aduk sampai semuanya rata. Lalu masukkan kentang yang sudah ditumbuk halus ke dalam adonan, aduk lagi sampai rata.
3. Kemudian tambahkan kuning telur dan air dingin, lalu aduk lagi sampai rata. Setelah rata, tambahkan mentega dan garam, aduk dan remas-remas adonannya dengan tangan sampai terasa kalis dan tidak lengket.
4. Letakkan adonan pada wadah dan tutup dengan menggunakan kain basah, lalu diamkan selama 30 menit agar adonannya mengembang.
5. Kalau sudah mengembang, bentuk adonan donatnya, buat lubang ditengahnya.
6. Letakkan donat yang sudah dibentuk diatas piring atau wadah yang sudah ditaburi sedikit tepung supaya tidak lengket. Lalu diamkan donat selama 2o menit.
7. Sambil Anda menunggu, panaskan minyak goreng, lalu goreng donat sambil dibolak-balik sampai matang secara merata, dan berwarna kuning kecoklatan.
8. Tiriskan donat yang sudah matang, kemudian oleskan donat dengan mentega, lalu taburkan meses diatas donat. Selain meses, Anda juga bisa menaburkannya dengan gula halus ataupun taburan yang lainnya.


Cara Membuat Donat Kentang #2

Bahan-Bahan :
1/2 kg tepung terigu protein tinggi
4 butir telor
1/4 kg kentang
1/4 kg mentega
11 gram ragi instan
1 sendok teh garam
4 sendok makan gula (tergantung selera)
3 sendok makan susu bubuk full cream
1 sendok teh baking powder
1/2 gelas air sekitar 100 ml
Minyak goreng secukupnya

Bahan Topping :
100 gram Dark Cooking Chocolate (DCC) atau 1 coklat batangan
2 sendok makan margarin
Meses atau tepung gula secukupnya

Langkah Langkah Dalam Cara Membuat Donat Kentang :
1. Langkah pertama sama seperti sebelumnya, yaitu rebus kentang sampai matang dan terasa lunak, kemudian kupas kulitnya, lalu tumbuk kentang sampai halus, bisa juga diblender agar lebih cepat.
2. Kemudian masukkan tepung terigu, gula, susu bubuk, ragi, telur, baking powder ke dalam kentang yang sudah dihaluskan tadi, lalu aduk rata semuanya sekitar 20 menit.
3. Aduk adonan dengan menggunakan alat pengaduk atau mixer roti sampai setengah kalis, lalu diamkan selama 30 menit sampai adonannya mengembang dengan sempurna.
4. Ingat, jangan mencampurkan ragi, mentega, dan garam secara bersamaan karena bisa membuat adonannya tidak mengembang dan justru memiliki tekstur yang kaku.
5. Selanjutnya masukkan garam, mentega, dan juga air dingin, lalu aduk semuanya sampai benar-benar kalis dan tidak lengket.
6. Kemudian bagi adonan menjadi beberapa bagian dan diamkan selama 15 menit agar adonan benar-benar mengembang.
7. Setelah itu, bentuk adonan seperti donat pada umumnya yaitu terdapat lubang ditengahnya. Anda juga bisa membentuk adonan sesuai selera anda.
8. Tuangkan minyak ke dalam wajan, kemudian goreng adonan donat dalam api kecil hingga warnanya berubah kecoklatan. Gunakan alat bantu seperti sumpit ketika menggoreng donat agar mendapat lingkaran sempurna pada lubang donat.
9. Setelah donatnya matang, kemudian sisihkan.
10. Untuk membuat topping, caranya cukup mengiris kecil-kecil coklat terlebih dahulu menggunakan pisau.
11. Masukkan 2 sdm margarin dan coklat yang sudah diiris kecil-kecil tadi ke dalam wajan anti lengket dan masak sampai mencair.
12. Celupkan sisi atas donat ke dalam coklat cair tadi, lalu Anda bisa menaburkan meses diatasnya.








Tags : Cara membuat donat kentang cara membuat donat kentang cara membuat donat kentang empuk cara membuat donat kentang sederhana cara membuat donat kentang sederhana dan praktis cara membuat donat kentang tanpa ragi cara membuat donat kentang yang enak cara membuat donat kentang lembut cara membuat donat kentang goreng cara membuat donat kentang sederhana tanpa ragi cara membuat donat kentang tanpa telur cara membuat donat kentang enak cara membuat donat kentang yang mudah download video cara membuat donat kentang cara membuat donat kentang frozen cara membuat donat kentang 1 kg cara membuat donat kentang dalam bahasa inggris cara membuat donat kentang mudah cara membuat donat kentang praktis cara membuat donat kentang dengan cetakan cara membuat donat kentang frozen food cara membuat donat kentang beku cara membuat donat kentang keju cara membuat donat kentang panggang cara membuat donat kentang yang lembut dan enak cara membuat donat kentang youtube cara membuat donat isi kentang dan wortel cara membuat donat kentang isi coklat

Post a Comment

0 Comments