Kesehatan Rambut

Pada dasarnya kesehatan rambut meliputi menghilangkan ketombe, mencegah rontok dan menyuburkan sangat tergantung pada ketekunan kita menjaga kebersihan kulit kepala dan rambut serta pemenuhan gizi yang dibutuhkan rambut. Walaupun ada faktor yang bisa membuat rambut rontok (radiasi, penyaki kulit kepala, diabetes, stres, operasi besar, dll), kita bisa mengupayakan kembali subur dengan pemenuhan gizi yang cukup setelah kesehatan kita pulih.

Menghilangkan Ketombe
Resep 1 :
Oleskan air perasan 1-2 jeruk nipis ke seluruh kulit kepala. Biarkan 20-30 menit, lalu keramas. Setelah 3 kali melakukan (setiap kali akan keramas), biasanya ketombe akan hilang.
Resep 2 :
2-3 buah mengkudu matang dilumat, beri air, peras, airnya dipakai untuk keramas. Biarkan selama 5 menit, bilas dengan air. Gunakan shampo untuk menghilangkan baunya.

Hitamkan Alis
Kemiri disangrai, tumbuk sampai halus, beri sedikit air dan oleskan pada alis. Bila ada sisa ramuan, simpan saja untuk digunakan hari berikutnya.

Hitamkan Rambut
Resep 1 :
Daun pandan wangi sebanyak 7 lembar dicuci lalu dipotong-potong. Rebus dengan 1 liter air sampai warnanya menjadi hijau. Embunkan air rebusan tadi semalaman. Pagi harinya campurkan rebusan daun pandan tadi dengan air perasan 3 buah mengkudu masak. Air campuran tadi lalu digunakan untuk mencuci rambut (keramas). lakukan 3 kali seminggu, sampai terlihat hasilnya.
Resep 2 :
1 genggam biji pepaya tua disangrai sampai kering, tumbuk hingga halus. Kasih air sedikit lalu oleskan ke kulit kepala berikut rambutnya merata sambil dipijat-pijat. Biarkan sampai kering lalu keramas.

Rambut Merah dan Bercabang
Daun kangkung yang baru dipetik dan masih segar, dicuci lalu dipotong-potong. Masukkan kedalam panci, tambahkan air bersih sampai kangkung terendam sepenuhnya. Rebus sampai mendidih. Setelah dingin airnya digunakan untuk membasahi kulit kepala dan rambut yang telah dicuci dengan air bersih sebelumnya. Lakukan 3 kali seminggu, sampai terlihat hasilnya.


Post a Comment

0 Comments